Review Drama Korea: Chief Kim (Good Manager)



Genre
           Workplace
           Drama
           Comedy
Created by
KBS Drama Production
Written by
Park Jae-bum
Directed by
           Lee Jae-hoon
           Choi Yoon-suk
Creative director(s)
           Lee Seung-hoon
           Choi Dong-sook
Starring
           Namkoong Min
           Nam Sang-mi
           Lee Jun-ho
           Jung Hye-sung
Composer(s)
           Hwang Dong-sub
           Lee Sung-kyun
No. of episodes
Year
20
2017


Satu lagi drama korea yang bisa bikin hiburan dikala jenuh tapi bisa belajar dikit ngerti tentang masalah pembukuan perusahaan. Yes, Drama Chief Kim atau Good Manager ini rekomen buat ditonton buat jadi hiburan yang cukup berbeda dari drama yang lainnya. Sebenernya drama ini tayang di awal 2017 silam tapi baru nonton di akhir 2017 dan agak nyesel kenapa telat nontonnya. Generally, drama ini kental banget dengan genre komedinya yang ditiap episode selalu ada aja adegan konyol yang selalu bikin ketawa. Drama ini mengusung tema workplace tentang pembukuan suatu perusahaan raksasa yang ternyata membuat saya tau bahwa dalam laporan pembukuan itu adalah suatu hal yang wajar dengan yang namanya tipu-tipu. Memang sih drama ini full of drama komedi yang kurang ada sentuhan romansa nya. Tapi bukan berarti drama ini tidak layak tonton karena seriously drama ini gokil abis! Sebelum review, mari melongok ke sinopsis singkat yuk.


Pemeran (Cast) Chief Kim (Good Manager)



Sinopsis:
Drama Chief Kim ini menceritakan Kim Seong Ryeong (diperankan oleh Nam Goong Min) seorang akuntan di daerah Gunsan yang memberikan jasanya untuk para preman dan rentenir agar laporan keuangaan mereka tidak mencurigakan dan mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya. Kim Seong Ryeong memiliki cita-cita untuk tinggal di Denmark karena negara itu terkenal damai dan rendah korupsi. Untuk bisa pergi ke Denmark, dia membutuhkan uang sebesar satu juta dolar di rekeningnya, sedangkan tabungannya hanya ada sekitar 300ribu dolar saja. Seong Ryeong ini sering bolak balik masuk kantor polisi karena kasus penipuan pembukuan perusahaan-perusahaan kecil di Gunsan, tapi karena dia terlalu lihai dalam menipu, jaksa tidak pernah bisa menuntut dan menahan dia karena tidak ada bukti yang kuat. Lalu oleh bawahannya, Oh Gwangsook (diperankan oleh Lim Hwa Young) memberitahu kalau perusahaan besar TQ grup di Seoul sedang mencari seorang kepala bagian untuk salah satu bagian departemen akuntasi yaitu tim operasional bisnis. Seong Ryeong pun mencoba dengan harapan TQ grup adalah perusahaan besar dimana ia akan dapat uang banyak lebih cepat dan membuat dia lebih cepat pergi ke Denmark. Secara megejutkan ternyata Seong Ryeong lolos ketrima menjadi kepala bagian di perusahaan TQ grup. Usut punya usut ternyata dia keterima karena Seo Yool (diperankan oleh Lee Junho), mantan jaksa yang jadi direktur keuangan baru di TQ Group. Seo Yool ini kenal dan tahu track record Seong Ryeong selama di Gunsan yang sering ketangkep. Dia merekrut Kim Seong Ryeong dengan harapan dia bisa membuat TQ grup dapat keuntungan lebih besar dengan manipulasi laporan dan pajak perusahaan. Awalnya Kim Seong Ryeong ini memang punya niat buat korupsi biar duit di rekening nya cepet terkumpul untuk pergi ke Denmark, sama kayak yang dia lakukan di Gunsan, tapi pada akhirnya, Seong Ryeong sadar kalo TQ Group tuh  parah banget dan banyak bermasalah dengan laporan keuangannya karena terjadi korupsi yang dilakukan oleh petinggi perusahaan tersebut yang nyebabin banyak karyawan anak perusahaan dipecat dan terjadi tunggakan gaji. Yang lebih parah gara-gara petinggi-petinggi perusahaan yang pada korupsi ini mereka sampai tidak segan-segan untuk membunuh orang di dalam perusahaan yang mengetahui kebusukan para petinggi. Hal ini bertentangan dengan prinsip Kim Seong Ryeong  yaitu curilah uang bosmu tapi jangan curi uang karyawan mu. Seong Ryeong pun bersama Yoon Hakyung (diperankan oleh Nam Sang Mi), Manager Choo Namho (diperankan oleh Kim Won Hae) dan anggota tim operasi bisnis lainnya berusaha mengungkap kasus korupsi yang terjadi di TQ grup.

Awal mula alasan nonton Chief Kim (Good Manager) ini adalah saya lagi pengen nonton drama komedi yang bisa buat ketawa lepas. Karena jujur aja setelah nonton drama Strong Woman Do Bong Soon menurut saya belum ada lagi drama yang bisa bikin ngakak dan berbekas di hati. Akhirnya setelah mecoba mencari-cari jatuhlah pada pilihan drama Chief Kim ini. Awal nonton drama ini jujur gak pahaaaammmm.. Kenapa? Karena dari awal drama ini udah ngomongin soal laporan pembukuan, audit, dan istilah-istilah dalam perekonomian atau akuntansi yang asli saya nggak ngerti. Secara background saya Science, dan dari jaman sekolah nggak bisa sama yang namanya pembukuan, accounting atau apapun yang berhubungan dengan itu. Apalagi tema drama ini workplace banget yang notabene saya bukan orang yang kerja di perusahaan besar yang gak terlalu ngerti masalah keuangan perusahaan. Jadi ketika nonton drama ini di awal agak berat buat ngikuti dan sempet di rewind beberapa adegan supaya paham. Tapiiii, setelah diikutin serius drama ini seru dan kocak abiiiisss.. Empat jempol saya acungin deh buat Nam Goong Min yang asli kocak banget dan oke banget meranin jadi Chief Kim Seong Ryeong. Gak salah doi dapet KBS award sebagai Top Excellence Award Male 2017.
Alur cerita drama Chief Kim ini sebenernya nggak rumit-rumit amat, tapi ya nggak simple juga, pas lah menurut saya. Mungkin buat kalian yang paham masalah pembukuan akan gampang memahami drama ini dari awal dan makin akhir akan tambah seru, karena menurut saya justru makin ke episode berikut-berikutnya, drama ini justru makin konyol. Selain Nam Gong Min ada favorit karakter lain yaitu Kim Won Hae. Doi bukan karakter utama si, tapi setelah liat dia di Strong Woman Do Bong Soon yang asli konyol nggak karuan dengan meranin 2 karakter, doi tampil lagi di drama Chief Kim ini jadi manajer Choo. Sebetulnya berharap dia bisa selucu di Strong Woman Do Bong Soon tapi ternyata karakter nya Kim Won Hae disini agak berbeda dan lebih serius. Tapi nggak bisa dipungkiri sih doi selalu sukses meranin karakter konyol yang kalo ngomong ceplas ceplos tanpa filter dan menurut saya doi berhasil banget bawain perannya jadi manajer Choo di drama ini. 
And, satu lagi ni peran yang bikin makin semangat nonton drama ini, tidak lain adalah karena Junho oppaaaa.. Oke jujur aja liat Junho itu pertama kali di drama ini, dan entah kenapa langsung aja gitu suka banget sama karakter, style, dan akting nya dia di drama ini. Peran direktur Seo Yool yang jutek, emosian, bossy, pas banget sama doi. Dan anehnya malah bikin jatuh hati. Awalnya penasaran Junho ni siapa yak kok belom pernah liat tapi kayak gak asing tapi cute nya bikin overdosis. Akhirnya googling lah saya dan ternyata doi adalah personil 2PM! What? Kemana aja gue baru tau personil 2PM ada si Junho ini?? Yah say sorry to Junho, karena jujur aja selama ini yang gue kenal di 2PM hanya Nickhun dan Taecyeon (maklum bukan kpop lovers), dan entah kenapa selama ini dirimu seperti invisible selama di 2PM😅. Harus diakui deh akting Junho disini juara. Dan betapa terkejoed nya saya ketika liat youtube dan mengetahui kalo ternyata Junho suaranya keren, apalagi nge-dance nya alamaaaaak! Disini saya baru menyadari betapa hebatnya karya Tuhan menciptakan manusia se perfect Junho 😂. Akting keren, suara bagus, dance nya gokil juara banget, wajah ganteng, apa yang kurang coba?
Terus kemana pemain cewenya? masa nggak ada lawan main cewenya? Oke, jadi di drama ini tokoh utama cewenya adalah Nam Sang Mi sebagai Yoon Hakyung. Dari segi akting okelah si Nam Sang Mi ini, tapi entah kenapa belom memberi kesan mendalam aja buat saya. Karena menurut saya justru karakter pemain pria di drama ini yang lebih kuat dan membuat jadi hidup banget drama ini. Kenapa peran cewenya biasa aja? Nah, ini mungkin menurut pendapat saya aja sih, di drama ini tu nggak ada sama sekali adegan romantis-romantis nya atau cinta-cinta an nya antara pemeran utama pria dan wanita nya, so mungkin itu yang nyebabin karakter utama cewe disini terkesan biasa aja. Yap, NGGAK ADA adegan romantisnya! Buat yang berharap drama ini dibumbui komedi romantis antara pemeran utama, anda salah besaaaarrr.. Nggak ada yang namanya cinta-cintaan baik antara Kim Seong Ryeong dengan Yoon Hakyung atau Seo Yool dengan Yoon Hakyung. Cinta-cintaan di drama ini malah diperanin bukan oleh pemeran utamanya dan super receh. Awal episode sebenernya berharap ada sedikit romansa-romansa antara Seo Yool dan Yoon Hakyung tapi ternyata sampai tamat drama ini yang ditunggu-tunggu nggak ada sama sekali. Tapiiiii jangan sedih, biar nggak ada romansa antara karakter utama pria dan wanita, justru di drama ini adegan romansa nya antara Chief Kim Seong Ryeong dengan direktur Seo Yool. What?? Oke, saya luruskan dulu, mungkin bukan romansa cinta-cinta an yang seperti dibayangkan, tapi lebih ke arah bromance gitu antara Chief Kim dan direktur Seo Yool. Dan serius,  bromance mereka ini jauh lebih seru dan kocak ketimbang cinta-cintaan di pemeran pendukungnya. Ternyata yang namanya benci jadi cinta nggak cuma antara cewe cowo tapi cowo dengan cowo pun terjadi. Tapi jangan bayangin benci jadi cinta antara Chief Kim dan Seo Yool yang kearah penyuka sesama jenis ya, tapi benci jadi cinta mereka itu justru berakhir dengan saling bekerja sama untuk membongkar kasus korupsi yang ada di TQ grup dan menjatuhkan petinggi-petinggi perusahaan tersebut. Adegan bromance Kim Seong Ryeong dan Seo Yool ini beneran bikin ngakak gak ketulungan dah. 

Secara keseluruhan drama Chief Kim ini rekomen banget ditonton sebagai hiburan. Asli koplak dan bikin ngakak nya berhasil banget sebagai peredam kejenuhan. Drama Chief Kim (Good Manager) ini membuktikan kalo drama komedi gak selalu jadi receh dan harus dibumbui cinta2 an karakter utama, tapi bisa jadi drama komedi yang berbobot dengan alur cerita seru dan membuat orang yang seperti saya dengan latar belakang pure science mengenal yang namanya dunia akuntansi..

Score 9 dari 10




Tidak ada komentar:

Review The Silent Sea (2021)